Alibaba merupakan sebuah pasar online yang memperbolehkan para pelaku bisnis maupun individu untuk membeli dan menjual produk mereka secara lokal dan internasional. Jadi, Anda bisa dengan bebas mencari produk yang Anda inginkan. Tidak sulit untuk belanja di Alibaba, langkah-langkah berikut ini bisa membantu Anda untuk tahu cara belanja di Alibaba yang tepat. Untuk part pertama ini akan membantu Anda dalam pencarian produk yang Anda inginkan.

1 – Membuat Akun di Alibaba

Sama seperti website-website lainnya, cara belanja di Alibaba yang pertama harus dilakukan adalah membuat akun pada website. Membuat akun pada website akan mempermudah Anda untuk mencari produk yang ingin Anda beli serta  menjual barang Anda di market place tersebut. Dalam website Alibaba anda tinggal memilih tombol sign in jika Anda sudah memiliki akun Alibaba atau sign up jika Anda belum memiliki akun. Setelah memilih untuk sign in atau sign up Anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan saja. Yang perlu Anda perhatikan adalah :

  1. Anda tidak memerlukan lisensi wholesaler untuk membuat akun di Alibaba. Meskipun demikian jika Anda menjual produk dari Alibaba ditempat lain, maka bersiaplah untuk berhadapan dengan pihak pengadilan bisnis dan pajak lokal di negara Anda.
  2. Jika Anda tidak memiliki lisensi wholesaler dan Anda ingin menjual kembali produk yang Anda dapat di Alibaba. Ada baiknya jika Anda meminta bantuan pada pihak ketiga untuk menangani pengadaan produk Anda. Seperti asiacommerce.

cara belanja di alibaba

2 – Mencari Produk

Untuk yang kedua ini merupakan tahap cara belanja di Alibaba yang paling utama yaitu, mencari produk. Banyak cara untuk mencari produk di Alibaba. Cara yang paling dasar adalah memasukkan kata kunci dari produk yang Anda inginkan ke dalam kolom pencarian yang terletak di paling atas halaman utama website . Namun Anda juga bisa mencari produk menggunakan kategori yang berada di  pojok kiri halaman utama.

3 – Filter hasil pencarian Anda

Cara belanja di Alibaba yang ketiga adalah filter hasil pencarian produk Anda. Mencari produk dengan cara termudah tadi, akan menghasilkan banyak produk. Anda akan kerepotan ketika memilah produk. Untuk mempersingkat waktu memilah produk, Anda bisa menggunakan “Option” yang ada di bagian kiri pada halaman hasil pencarian. Dengan ini anda bisa mengecilkan skala pencarian Anda dengan lebih spesifik. Sebagai contoh: Jika Anda mencari produk “Jeans”  maka akan menghasilkan 500,000 hasil pencarian. Tetapi Anda bisa menguranginya agar lebih spesifik dengan mengecek box seperti “Jeans pria” atau “denim”, dan juga menambahkan kata kunci lainnya  seperti warna tertentu atau yang lainnya agar lebih spesifik juga memudahkan proses pencarian produk yang Anda inginkan. Anda juga bisa memfilter produk pencarian Anda berdasarkan asal negara barang. Dengan cara ini Anda bisa melacak supplier dari negara Anda, sehingga bisa membuat Anda berhemat pembayaran shipping dan waktu. Baca Juga: 

4 – Mencari berdasarkan supplier

Kami menyarankan daripada mencari produk lebih baik Anda fokus mencari supplier. Anda bisa mengganti pilihan pada tab disebelah search bar, dari  produk menjadi supplier.

  • Jika Anda pernah bekerjasama dengan supplier yang memiliki barang yang Anda inginkan sebelumnya. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menemukan mereka dengan mudah daripada menggunakan cara pencarian produk.
  • Halaman hasil pencarian juga mengijinkan Anda untuk memfilter hasil berdasarkan negara asal supplier.

5 – Kirimlah permintaan untuk penawaran (RFQ)

Anda bisa meminta penawaran yang menentukan produk atau barang Anda lalu bandingkan penawaran langsung dari beberapa supplier. Anda tinggal mengclick pada tombol “submit RFQ”  dan buatlah kiriman permintaan Anda di laman yang disediakan.

  • Masukkan kata kunci produk dan banyaknya barang yang Anda inginkan. Dalam pesan utama, Anda bisa menambahkan spesifikasi lain dari produk yang relevan.
  • Dibawah pesan utama, Anda bisa menambahkan detail tentang tujuan pengiriman Anda dan metode pengiriman yang Anda inginkan.

6 – Periksa profil supplier untuk lencana verifikasi

Ketika Anda sudah menemukan supplier melalui mesin pencarian atau melalui RFQ. pergilah ke halaman profil mereka untuk memverifikasi legitimasinya. Lihat lencana profilnya untuk memastikan bahwa Anda bekerjasama dengan supplier yang terverifikasi.

  • A&V mengindikasi bahwa supplier tersebut telah lulus pemeriksaan keorisinalan dan pemeriksaan verifikasi yang dilakukan oleh Alibaba dan pihak ketiga pemberi jasa verifikasi.
  • Onsite Check memverifikasi tempat supplier yang berbasis di China telah diperiksa oleh staff Alibaba guna memastikan tempatnya benar-benar ada.
  • The Assessed Supplier Check mencatat bahwa pemasok telah diverifikasi oleh pihak ketiga.

7 – Cek secara online untuk keluhan terhadap supplier

Sebagai tambahan ketika mengecek lencana profil supplier. Anda bisa mecari informasi tentang calon supplier online untuk menghindari penipuan. Carilah secara online  komen atau komplain terhadap supplier yang Anda inginkan. Anda juga bisa melihat refrensi informasi kontak yang ada di profil Alibaba mereka dengan google.

  • Hindarilah supplier yang mendaftarkan alamat email non bisnis, seperti Gmail atau Yahoo.

8 – Carilah supplier yang memiliki gudang pemasok di negara Anda

Menemukan supplier yang memiliki gudang di negara Anda akan memotong waktu pengiriman dan akan menghindarkan Anda dalam berhadapan dengan pihak bea cukai.

  • Jika Anda mencari supplier yang tidak memiliki gudang di negara Anda. Anda harus bekerjasama dengan supplier tersebut untuk menangani bea cukai dengan menggunakan Alibaba’s Freight Logistics resource. Tetapi akan berbeda ceritanya jika Anda mencari supplier yang memiliki gudang di negara Anda.

Asiacommerce dapat menfasilitasi customer dalam pembelian serta pengiriman produk impor Anda. Selain memiliki gudang di Indonesia, Kami juga memiliki  gudang di China. Sehingga aman dan menjanjikan. Bergabung dengan membership Asicommerce sekarang juga, dan nikamti berbagai layanannya. >Klik Di Sini<

Tertarik dengan artikel kami?  >Klik Disini<  untuk lebih banyak informasi menarik tentang dunia ecommerce