Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Ekspor Impor memang memberikan banyak pengaruh ke perkembangan ekonomi suatu negara. Tetapi tidak banyak dari kita mengetahui pengaruh dari ekspor impor ke bisnis kita. Menggunakan kesempatan kali ini kami akan menupas apa saja keuntungan dari adanya ekspor impor. Langsung saja, berikut ini adalah peluang-peluang yang bisnis anda bisa dapatkan.

Pasar yang lebih besar-> peluang untuk mendapatkan profit lebih

Dengan ekspor, artinya anda bisa memasuki pasar yang lebih besar dibandingkan skala pasar di Indonesia. Persaingan internasional sama saja seperti di Indonesia dimana terdapat bervariasi produk dari berbagai tempat. Untuk menjual dalam jumlah yang besar anda membutuhkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar anda. Secara umum, yang artinya produk anda bisa dijangkau dan dicari oleh banyak orang. Bersaing di beberapa pasar memberikan anda peluang untuk mendapatkan profit lebih.

Ilustrasi yang paling mudah adalah bayangkan bahwa jika Indonesia adalah bagian dari dunia seperti daerah-daerah yang ada di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan masing-masing dan hasil produksi yang berbeda-beda. Sehingga muncul adanya perbedaan demand dan supply, disana lah kesempatan kita untuk bersaing. Tidak semua produk akan kekal selamanya oleh karena itu mereka mengadakan inovasi agar orang-orang terus melakukan pembelian. Jangan khawatir jika anda memiliki bisnis di Indonesia dan ingin melakukan ekspor dan import. Karena jika anda telahmemanfaatkan ekspor dan impor maka anda telah selangkah lebih maju dibandingkan bisnis yang masih berjalan lokal. 

Baca Juga: Ini Dia Langkah Mudah Bisnis Import China Ala Asiacommerce

Untuk perusahaan manufaktur, mengimpor material -> menambah produksi 

Bagi kalian yang memiliki perusahaan manufaktur, kalian akan bisa mendapatkan beberapa keuntungan dari impor bahan untuk produksi. Jika di Indonesia kalian tidak bisa mendapatkan supplier lebih, mungkin anda bisa mendapatkannya dari negara lain. Tentu saja untuk mencari supplier tersebut anda akan dihadapi beberapa rintangan. Seperti mencari supplier yang sesuai dengan kebutuhan anda, memenuhi dokumen dan ijin-ijin. Selain itu jika kalian mendapatkan dari negara penghasil barang yang anda butuhkan maka akan lebih murah dibanding yang lain. Kalian juga berpeluang untuk mendapatkan sebuah bahan yang tidak bisa didapatkan di Indonesia dan memproduksi sebuah varian produk baru.

Contohnya saja manufaktur produk makanan kalengan isi buah. Banyak varian buah di Indonesia yang bisa dijadiin bahan utamanya tetapi tidak semua buah dapat dihasilkan di Indonesia. Salah satu buah paling favorit di Indonesia adalah Lengkeng atau longan. Banyak makanan kaleng buah longan yang tersedia untuk membuat hidangan es seperti es buah. Nyatanya di Indonesia sulit sekali untuk menumbuhkan longan sendiri sehingga Indonesia harus mengimpor dari Thailand. 

Menambah diversifikasi produk

Negara-negara di dunia memiliki kebudayaan yang unik dan berbeda antara yang satu dengan yang lain. Karena ada perbedaan dari sisi kebudayaan, lingkungan atau peraturan maka produk yang dihasilkan pun berbeda. Contoh yang paling mudah tetapi kita sepelekan adalah buah longan. Seperti pada contoh di poin sebelumnya tetapi kali ini kita akan melihat dari sisi penjualan buah longan untuk konsumsi langsung. Meski tidak diolah juga banyak peminat untuk buah longan di Indonesia. Ada pula kita lihat contoh yang lain yang juga bisa mendapatkan profit untuk kita. Seperti menjual produk baru yang jarang ada di pasaran tetapi banyak peminatnya. Untuk menemukan produk tersebut harus sering-sering membaca tren dan mencoba mengambil resiko. Mie instan korea adalah mie instan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan, penjualan mie ini cukup populer bahkan diseluruh dunia. Jika kalian memiliki toko yang menjual berbagai macam produk, cukup dengan menambah varian produk kalian bisa mendapatkan profit lebih.

Tertarik untuk mencoba ekspor dan import? AsiaCommerce dapat membantu anda dan cukup mudah. AsiaCommerce memiliki 4 layanan utama yaitu ekspor impor, product sourcing, forwarding, dan distribution fulfillment. Untuk menggunakan layanan AsiaCommerce, kalian cukup mengisi form request di halaman utama website AsiaCommerce. Pilih layanan dan isi data yang anda butuhkan kemudian tim kami akan memberikan rincian kepada anda.

Jangan lupa baca juga halaman website AsiaCommerce tentang membership. Karena untuk para membership akan ada banyak kemudahan dan benefit-benefit menarik lainnya yang memanjakan anda.