Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Mencari supplier China merupakan tantangan tersendiri bagi para importir. Banyak produk-produk yang telah dikembangkan negara tetangga, yang dapat menjadi produk unggulan namun kita tidak tahu bagaimana cara mendapatkan suppliernya. Jika bertanya tempat favorit untuk diimpor, salah satunya pasti adalah negara China. Di Indonesia sendiri, sudah banyak pemain impor dari China baik di skala umur yang sudah dewasa, hingga generasi milenial sekalipun, lho! Banyak sekali marketplace, online store, hingga offline store yang menjual barang impor dari China tersebut. Jelas! Karena, harganya yang sangat murah dengan kualitas yang baik membuatnya menjadi sasaran empuk bagi para importir di Indonesia.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis impor di waktu ini! Seperti yang kita ketahui, bahwa pergerakan informasi terjadi sangat cepat pada era sekarang. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya fase trend  produk dari luar masuk ke Indonesia. Dari situ kita bisa melihat dan menganalisa bahwa semakin hari akan ada produk-produk baru yang lebih kompetitif bagi para importir. Namun, pertanyaan pentingnya adalah bagaimana cara kita mendapatkan supplier tersebut di negara China? Perlu diketahui bahwa mencari supplier internasional tidak semudah itu, karena keterbatasan kita untuk melihat kinerja mereka dan sebagainya. Ada beberapa cara yang direkomendasikan oleh AsiaCommerce untuk dapat mencari supplier China dengan mudah, yaitu:

1. Menanyakan Referensi kepada Koneksi

Photo Credit: Thinkstock

Salah satu cara paling mudah untuk mencari supplier China yaitu dengan bertanya kepada kerabat kita atau orang yang sudah punya pengalaman dalam hal impor. Dengan begitu, mereka akan dapat memberi informasi secara cukup spesifik terkait supplier mana yang benar-benar bagus. Melalui cara ini, kita akan dapat langsung memperkecil skala pencarian kita untuk memudahkan dalam menganalisa di tahap selanjutnya. Tapi, perlu diingat bahwa tidak bisa dengan satu cara ini saja, karena bisa bisa jadi informasi yang kita dapat tidak cukup baru, maka dari itu perlu dianalisa lagi.

2. Melalui Marketplace Alibaba

Salah satu cara lainnya untuk bisa mencari supplier China, yaitu dengan mengunjungi situs Alibaba. Tentu kita tahu bahwa Alibaba adalah platform marketplace asal China yang berfokus kepada Business to Business (B2B), dimana tempat berkumpulnya manufaktur / supplier China dengan pembeli internasionalnya. Ternyata, kita bisa juga dengan melihat profil supplier di Alibaba dan menjadikannya opsi pilihan kita. Alibaba sendiri memiliki sistem yang cukup ketat untuk mensortir supplier di marketplace nya. Namun, memang tidak seluruh supplier di Alibaba memiliki reputasi yang bagus. Maka dari itu, ada beberapa tips untuk dapat memilih supplier yang baik di Alibaba, yaitu:

  • Carilah supplier yang terverifikasi dengan baik

Karena banyaknya supplier yang terdaftar, Alibaba pun mengkategorikan menjadi beberapa macam supplier yaitu:

A&V mengindikasi bahwa supplier tersebut telah lulus pemeriksaan keorisinalan

Onsite Check memverifikasi tempat supplier yang berbasis di China telah diperiksa oleh staff Alibaba guna memastikan tempatnya benar-benar ada.

The Assessed Supplier Check mencatat bahwa supplier telah diverifikasi oleh pihak ketiga.

  • Carilah history pembelian & review yang baik

Untuk mencari supplier China yang benar-benar profesional, kita harus melihat riwayat dari perusahaan mereka. Melalui riwayat pembelian maupun review dari konsumen. Sebisa mungkin untuk menghindari penjualan yang masih 1000 produk kebawah, dengan anggapan semakin banyak transaksi berhasil akan semakin bagus. Lalu, kita juga harus dapat menganalisa review dari konsumen lainnya. Bisa dengan melihat gambar produk setelah sampai, hingga komen terburuknya sekalipun.

  • Mintalah sampel saat beli dalam jumlah banyak

Jika kalian membeli dengan kuantitas cukup banyak, sangat direkomendasikan untuk meminta sampel produk dari supplier tersebut. Terkadang ada beberapa supplier yang kurang mementingkan kualitas.

3. Mendatangi Toko- Toko Secara Langsung

Shopping Street in China – Photo Credit: Merdeka

Berikut adalah cara yang paling umum untuk mencari supplier China, yaitu dengan datang secara langsung ke toko-toko di China. Ada banyak sekali tempat grosir di China yang sudah terbiasa dengan para importir, maka dari itu mereka mengerti betul untuk prosedurnya. Akan lebih baik jika kita sudah memiliki beberapa nama sebelum datang untuk mempercepat proses kerja kita. Aksi tawar menawar harus dilakukan dalam tahap ini, karena harga yang diberikan masih bisa melalui tahap negosiasi.

4. Mendatangi Event Exhibition, Tempat Supplier Berkumpul

Canton Fair – Photo Credit: News.cn

Mencari Supplier China yang profesional bisa terbilang cukup rumit. Maka dari itu, ada sebuah cara yang akan sangat membantu kita untuk mendapatkan supplier terpercaya, yaitu melalui exhibition atau expo di China. Banyak sekali event bergengsi yang berkonsep trading di China yang akan dapat membantu kita bertatap langsung dan bernegosiasi di tempat. Beberapa contoh event besar seperti, Canton Fair, Yiwu Commodities Fair, East China Import and Export Commodity Fair, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk menganalisa event yang dibutuhkan dan catat tanggal pendaftarannya. Cara ini bisa terbilang sangat efektif untuk menemukan banyak supplier berbobot dalam satu kali jalan.

5. Melalui Jasa Pihak Ketiga

Cara berikutnya untuk mencari supplier China adalah dengan melakukan kolaborasi dengan jasa pihak ketiga. Artinya, ada perusahaan seperti perusahaan logistik yang kalian bisa ajak kerjasama untuk mencarikan supplier bagi Anda. Seperti yang telah diketahui, bahwa perusahaan logistik biasanya sudah memiliki koneksi sangat luas di berbagai negara. Manfaatkan koneksi mereka untuk kalian bisa belajar mencari supplier di China. Bahkan ada beberapa perusahaan logistik yang memberikan servis lebih untuk mengantarkan dan menemani Anda langsung kepada supplier disana, salah satunya yaitu AsiaCommerce. Selain itu, AsiaCommerce juga bahkan dapat membantu proses penawaran kepada supplier, karena sudah memiliki tim profesional di China. Dengan begitu, akan sangat memudahkan kita dalam mencari supplier China.

6. Katalog AsiaCommerce

Ada 1 lagi cara yang sangat mudah untuk mendapatkan supplier yang paling oke buat bisnis kita, yaitu melalui katalog dari AsiaCommerce atau Chinabuybuy.com. Di dalam katalog tersebut, AsiaCommerce sudah menyortir puluhan ribu supplier dan hanya menampilkan supplier yang sudah lulus standar kualitas. Keberadaan supplier sudah pasti jelas karena AsiaCommerce sendiri sudah memiliki tim profesional di Guangzhou yang akan melakukan Supplier Checking dengan baik dan detail. Dengan begitu Anda dapat menghemat banyak waktu, tenaga, dan uang untuk lebih dapat fokus ke hal lainnya.

Masih ada banyak cara lain untuk dapat mencari supplier China. Dalam era sekarang, semua proses akan dipersingkat sehingga memberi kemudahan. Maka dari itu, jangan takut jika Anda baru ingin memulai masuk ke dalam bisnis impor. Semakin cepat memasuki dunia impor, semakin cepat pula Anda bisa sukses dalam dunia impor. Dimulai dari mencari supplier yang baik dan benar, karena itu adalah senjata bagi bisnis Anda. AsiaCommerce sendiri telah membantu banyak brand besar untuk berkembang melalui bisnis impor. Janganlah takut untuk memulai, karena akan ada benefit lebih banyak lagi jika kalian memutuskan untuk menjadi member AsiaCommerce. Jadi, tunggu apa lagi? Marilah sukses bersama kami dalam dunia ekspor impor.