Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Apakah anda sebelumnya pernah mendengar istilah bisnis dropship? Istilah tersebut sebenarnya kurang lebih telah muncul beberapa saat setelah internet diperkenalkan. Dropshipping atau sistem bisnis dropship merupakan pola bisnis yang tidak perlu melakukan penyimpnan stok barang. Lalu bagaimana cara kerja sistem dropship ini? Ketika ada order yang masuk ke sistem dropship ini anda akan meneruskan order tersebut dan detail pengirimannya ke distributor, supplier, atau produsen produk tersebut. Bisnis Dropship mudah dijalani jika anda menemukan platform dan supplier yang tepat.

Photo Source: Chinabrands

Yang menjadi kelebihan dari bisnis Dropship

Cara kerja sistem dropship ini tentu saja memberikan banyak keuntungan bagi anda yang ingin bekerja dengan modal kecil. Beberapa keuntungan yang anda dapatkan selain modal kerja yang kecil adalah:

1. Anda bisa memasarkan berbagai macam produk tanpa ada batasan. Artinya cukup memiliki satu platform saja anda bisa menjual berbagai macam produk dari berbagai supplier. Ketika pembeli anda membeli barang dari supplier A maka sistem didalam platform akan langsung menghubungi supplier A untuk menyiapkan produk dan mengirimkan produk ke pembeli anda. Untuk pembayaran anda sudah tidak perlu pusing juga karena semua sudah diatur secara langsung oleh sistem sehingga yang perlu anda lakukan adalah menjualkan produk dan mencari tren agar dapat menjual produk yang dibutuhkan oleh pasar anda.

2. Anda bisa menentukan sendiri keuntungan yang ingin anda peroleh. Sebagai penjual anda memiliki kewenangan untuk menentukan sendiri harga jual produk yang ada di platform anda. Tetapi bukan berarti anda bisa memasang dengan harga yang mahal karena dengan demikian anda tidak akan bisa menjual satu pun produk anda karena terlalu mahal. Pastikan harga yang anda jual bisa dijangkau oleh segmen yang anda targetkan di pasar yang anda fokuskan. 

3. Waktu bekerja anda fleksibel sesuai dengan selera anda. Dalam bisnis dropship ini anda memiliki waktu yang sangat fleksibel karena anda merupakan pemilik platform. Anda akan lebih banyak meluangkan waktu anda untuk melakukan riset pasar, produk, dan supplier untuk menambahkan varian produk anda.

4. Untuk membuka usaha dropship anda hanya perlu memiliki beberapa skill seperti paham tentang cara kerja sosial media, mendesain, sosial media marketing (SMO), search engine optimization (SEO), dan copywriting.

5. Cukup menggunakan HP, Laptop, atau Komputer untuk memantau dagangan anda. Dengan alat yang bisa mengakses internet maka anda akan dengan mudah memantau transaksi yang terjadi. 

Keahlian apa saja yang dibutuhkan?

Peluang bisnis dari dropship ini terletak pada fleksibilitasnya, karena anda dapat membuka usaha dropship tanpa harus berhenti dari pekerjaan utama anda. Karena hal ini siapa saja mampu menjadi dropshipper. Tetapi, jika anda ingin memaksimalkan peluang dari usaha ini anda memerlukan beberapa skill yaitu paham akan internet terutama media sosial, marketplace dan bisa membaca peluang. Beberapa skill lain yang patut untuk di catat adalah SEO, SMO, copywriting, dan closing. Nah, untuk memulai dropshipping tentu saja anda harus memiliki supplier untuk produk anda. Disinilah skill komunikasi anda digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. 

Tertarik untuk membangun bisnis dropship mudah? Dengan program yang telah AsiaCommerce telah kembangkan (ALI) kalian dapat menjadi dropshipper dengan mudah, karena kami mampu membantu anda membuka dan menjalani usaha dropshipping anda. Selain itu AsiaCommerce juga menyediakan layanan lain seperti membantu anda untuk ekspor import, jasa forwarder, product sourcing dan distribution fulfillment. Untuk mengakses jasa ini kalian bisa mengisi form request di halaman utama website AsiaCommerce dan setelah itu tim support kami akan menghubungi anda beserta rinciannya.