Import China telah terbukti sebagai taktik yang sukses untuk Global Sourcing di segala bisnis. Produk yang dibuat China seperti sepatu, baju, elektronik, furniture, perabotan rumah dan banyak lagi yang populer di seluruh dunia.

Walau bagaimanapun mengimpor barang dari China atau import China bukanlah hal yang mudah, terutama untuk orang yang baru akan terlibat dalam bisnis ini. Proses Import itu sendiri bisa menjadi sangat complex, membingungkan, dan mahal. Sehingga, Keuntungan yang diharapkan sering kali akan terhapus akibat lamanya waktu yang dibutuhkan untuk transit, biaya pengiriman yang naik atau berfluktuasi, biaya peraturan, dan delay yang tidak diharapkan.

Berikut adalah beberapa panduan step by step dari sudut pandang kami, jasa yang menangani expor dan import China ke seluruh dunia.

1.Identifikasi barang yang Anda inginkan ketika import China.

Idealnya perusahaan perdagangan membuat uang dengan menjual produk. Memilih produk yang salah berarti anda akan kehilangan waku dan uang. Jika anda ingin menjadi importer yang sukses, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih produk yang cocok untuk dijual kembali.

Anda lebih baik mengumpulkan informasi sebanyak banyaknya tentang barang yang ingin anda import. Dapatkan penjelasan deskriptif, informasi komposisi barang, dan  jika memungkinkan anda harus mendapatkan sampel produk. Informasi  tentang barang ini akan menjadi sangat penting dalam impor China ketika tiba waktunya untuk menentukan klasifikasi harga. Nomor klasifikasi harga (HS Code) akan digunakan untuk menentukan tingkat tugas yang akan diaplikasikan pada barang anda.

Kami menyarankan:

  • Mulailah melakukan import dengan produk yang Anda sukai: Hal itu akan membuat Anda sangat bersemangat dengan kerja Anda.
  • Mulailah dengan produk yang unik: karena Anda bisa menjualnya dengan harga tinggi.
  • Mulailah dengan produk yang bisa Anda shipping dengan kuantitas besar: hal ini akan membuat tarif shipping menjadi lebih murah untuk setiap unitnya.
2. pastikan barang yang ingin anda import disetujui di negara Anda.

Beberapa barang dilarang untuk diimport. Berbeda negara tentu memiliki perbedaan larangan barang. Juga pastikan bahwa produk yang Anda import tunduk pada izin, larangan, atau peraturan apapun oleh pemerintahan negara Anda. Tanggung jawab importer (yaitu anda) adalah untuk memastikan bahwa barang sesuai dengan peraturan umum dan peraturan tertentu. Jika Anda tipe orang yang tidak mau direpotkan dengan pihak bea cukai. Anda bisa meminta bantuan pada penyedia jasa import China yang ada di negara Anda.

Namun sebagai importir atau penyewa jasa importir yang perlu diperhatikan dalam import china adalah mengimpor barang yang tidak aman, seperti barang yang gagal memenuhi standart kesehatan, atau barang yang melanggar batasan dapat berakhir membuat Anda menghabiskan uang yang lumayan hanya untuk denda. Dan pada akhirnya barang seperti itu akan ditahan dan mungkin akan dihancurkan oleh pihak bea cukai.

3. klasifikasi barang Anda dan kalkulasi biaya land cost

Tentukan nomor klasifikasi tarif 10 digit untuk setiap item yang Anda import. Angka-angka ini bersama dengan sertifikat origin akan digunakan untuk menentukan tingkat kewajiban yang harus Anda bayarkan ketika mengimport barang. Lalu lakukan kalkulasi biaya landed cost.

Landed Cost adalah total biaya pengiriman darat termasuk harga beli, ongkos kirim, asuransi dan biaya lainnya sampai ke pelabuhan tujuan. Dalam beberapa kasus juga termasuk biaya bea cukai dan pajak lainnya yang dikenakan pada pengiriman.

Perhatikan incoterms (kumpulan istilah yang dibuat untuk menyamakan pengertian antara pedagang dan pembeli dalam perdagangan internasional) , dan kalkulasi total landed cost sebelum Anda mulai memesan.

Kami menyarankan:

  • Dapatkan harga produk dari supplier
  • Dapatkan harga ongkir dari perusahaan china freight forwarding
  • Dapatkan bea chukai, bea & pajak hingga transportasi darat ke gudang anda.

Begitu barang lancar hingga telah berada di kapal maka semua resiko ada di tangan pembeli.

4. Temukan supplier anda di China dan mulailah memesan produk import China Anda

Hal ini merupakan hal yang penting dari proses import china. Pesanlah pesanan Anda di vendor, shipper atau exporter dan kenali persyaratan pengiriman yang akan digunakan. Saat anda sudah memilih supplier, mintalah P/I (Proforma Invoice) untuk pembelian prospektif Anda termasuk sistem number yang harmonis, deskripsi dan manfaat per item. P/I Anda harus menunjukkan berat dan dimensi barang yang dikemas serta jangka waktu pembelian Anda.

Apa itu proforma invoice? Ini adalah dokumen yang tidak mengikat yang bisa membantu penganggaran pembelian masa depan Anda. Ini bukan pesanan pembelan dan juga tidak menimbulkan kebijakan umum.

Gampangnya proforma invoice hanyalah sebuah dokumen yang menyatakan komitmen penjual untuk menyediakan barang atau layanan yang telah ditentukan kepada pembeli dengan harga tertentu.

dalam penyedia jasa impor yang sudah terpercaya seperti kami Asiacommerce, Anda bisa langsung browsing katalog untuk melihat berbagai macam produk terrbaik koleksi kami yang sudah terjamin kualitasnya karena telah dikurasi langsung oleh kurator profesional kami. Jadi Anda tidak perlu repot untuk mencari produk terbaik dari supplier di China serta memilih produk terbaik untuk Anda import. Karena  produk di asiacommerce terjamin terbaik kualitasnya juga pastinya sesuai dengan trend masa kini.

5. Aturlah transportasi kargo import China Anda.

import china

Ada banyak biaya yang terkait dengan pengiriman (shipping) barang. Termasuk di dalamnya biaya kontainer, packaging, penanganan terminal, dan biaya broker.

Broker adalah perorangan yang mengatur transaksi antara pembeli dan penjual untuk mendapatkan komisi ketika transaksi dilaksanakan. Seorang broker yang juga bertindak sebagai penjual atau pembeli menjadi pihak utama dalam kesepakatan. Broker merupakan pihak independen yang layanannya digunakan secara ekstensif di beberapa industri. Tugas utamanya adalah membawa penjual dan pembeli  bersama-sama. Dengan demikian seorang broker merupakan fasilitator atau orang ketiga antara pembeli dan penjual. Sebagai contoh broker real estate yang memfasilitasi penjualan properti.

Ketika Anda puas dengan kutipan pengiriman barang, Anda perlu mengirimkan rincian kontak pemasok Anda atau memforward detail kontak dari supplier Anda. Kami sebagai jasa importir akan mengambil alih dari sini. Kami akan berusaha untuk tetap melakukan kontak dengan Anda dan supplier Anda, kami akan memastikan transportasi pengiriman Anda cepat dan aman

Detail yang harus dicek dalam import china:

  1. 2 hal top yang dipertimbangkan ketika Anda shipping dari China.
  2. Pengiriman jalur laut
  3. pengiriman udara
  4. pelayanan kurir.

Kami menyarankan:

1.selalu pertimbangkan bahwa delay akan terjadi selama proses import china.

Sebagai contoh barang yang bagus mungkin tidak diproduksi secara tepat waktu, kapal mungkin tidak berlayar sesuai jadwal, hingga barang mungkin sedang ditahan oleh bea cukai. Bersiaplah dan rencanakanlah sesuai rencana.Jangan harapkan kargo Anda akan meninggalkan pelabuhan segera setelah semuanya terpenuhi di perusahaan. Karena itu pasti akan membutuhkan waktu paling tidak 1-2 hari untuk transportasi kargo Anda dari perusahaan ke pelabuhan. Dan proses dari keputusan bea cukai membuat kargo Anda harus tinggal di pelabuhan paling tidak 1-2 hari.

Lagipula, dalam beberapa kasus hanya terdapat satu frekuensi rute di tiap minggunya. Jika ketinggalan pada hari yang ditentukan dalam minggu ini Anda harus menunggu hingga hari yang ditentukan minggu depan.

2. pilihlah partner freight forwarder yang baik

Freight forwarder, forwarder atau agen forwarding, dikenal juga dengan sebutan non-vessel operating common carrier (NVOCC) adalah perseorangan atau perusahaan yang mengatur Shipment (atau pengiriman barang) untuk individu atau perusahaan agar mendapatkan barang dari produsen atau produsen untuk pasar, customer atau poin akhir distribusi. Forwarder akan bekerja sama dengan seorang pembawa atau beberapa pembawa untuk memindahkan barang. Pembawa ini bisa menggunakan berbagai macam mode pengiriman. Seorang forwarder tidak bisa memindahkan barang tetai mereka bekerja sebagai ahlinya di jaringan logistic. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa pembawa ini bisa menggunakan berbagai macam mode pengiriman , termasuk melalui jalur kapal, pesawat terbang, truck, dan kereta api, dan sering juga menggunakan berbagai macam mode hanya untuk satu kali pengiriman. Sebagai contohnya, freight forwarder  mungkin mengatur sebuah kargo untuk dipindahkan dari pabrik ke bandara dengan truk, terbang ke kota tujuan, lalu memindahkannya dari bandara ke gedung customer dengan truk yang lain.

International freight forwarders biasanya mengatasi pengiriman internasional (international shipping). Internasional freight forwarders memiliki keahlian tambahan dalam mempersiapkan dan memproses bea cukai dan melakukan aktivitas yan berhubungan dengan pengiriman international.

Transpotasi kargo menjadi bagian penting dalam proses import China dan juga salah satu proses yang membutuhkan waktu yang panjang dan lama.

Oleh sebab itu,, anda bisa menghubungi kami, asiacommerce untuk mengatasi semuanya.

7. Lacak kargo anda dan persiapkan untuk kedatangannya.

Shipping barang secara international membutuhkan waktu. Sebagai contoh, barang yang dikirimkan dari China, rata-rata membutukan waktu sekitar 7 hingga 20 hari untuk mencapai Indonesia.  Lamanya pengiriman barang dari China ke Indonesia tergantung pada metode pengiriman mana yang anda ambil, normalnya dengan Air Mail Shipping akan memakan waktu kurang lebih 7-12 hari kerja, sementara untuk Express Shipping akan memakan waktu hingga kurang lebih 3-7 hari kerja.

Selama waktu itu, cek commercial invoice  Anda, list paket, biaya Landed Cost, dan semua hal lain yang berhubungan dengan freight dokumen.

commercial invoice merupakan dokumen yang diwajibkan oleh bea cukai untuk menentukan nilai sebenarnya dari barang impor,  untuk penilaian tugas dan pajak. Sebuah commercial invoice harus terdapat identitas pembeli dan penjual, dan juga harus terdapat

1. Tanggal dan syarat penjualan,

2. Kuantitas, berat dan volume dari barang yang dikirim,

3. Tipe  kemasan (packaging)

4. Deskripsi lengkap barang

5. Nilai satuan dan nilai total, dan

6. Asuransi, ongkos kirim dan biaya lainnya.

Jika terjadi masalah yang perlu dipecahkan, Anda harus tahu langkah apa yang harus Anda ambil untuk barang Anda ketika diperiksa oleh bea cukai di negara Anda.

8. Dapatkan kiriman Anda dan Mulailah Keuntungan Bisnis Import China

Ketika barang sampai, buatlah arangement pada broker bea cukai Anda untuk membersihkan barang Anda dari bea cukai (dan dari karantina jika ada). Jika semuanya berjalan lancar, itu menjadi hak anda untuk mengambil barang Anda

Atau jika anda ingin cara yang lebih mudah, anda bisa langsung mengirimkan Request Import ke AsiaCommerce dengan mengisi Form Berikut 

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA DAN NIKMATI PAKET MEMBERSHIP DARI KAMI >>DAFTAR DISINI<<