Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Berikut ini adalah istilah-istilah ini adalah istilah ekspor impor yang sering digunakan dalam proses Ekspor dan Impor di Indonesia. Beberapa istilah ekspor impor yang ada disini sama seperti istilah yang digunakan Negara-negara lainnya tetapi beberapa telah disesuaikan dengan Bahasa Indonesia. Istilah-istilah tersebut antara lain adalah:

1. SPJH

Singkatan dari Surat Pemberitahuan Jalur Hijau.

2. SSPCP

Singkatan dari Surat Setoran Pabean, Cukai dan Pajak.

3. Part of Shipment

Pengiriman barang dimana menggunakan 1 kontainer tetapi terdapat barang dari beberapa shipper yang memliki satu tujuan penerima.

4. Dry Container

Kontainer kering/ biasa yang sering digunakan untuk mengirim barang tidak berbahaya dan bukan barang gas, cair, atau memerlukan penanganan khusus.

5. Refeer Container

Kontainer yang memiliki pengatur suhu. Digunakan untuk barang atau produk yang memerlukan kesegaran atau suhu tertentu terjaga hingga sampai ke tempat tujuan (ikan hidup, udang, sayuran, buah-buahan,dll).

6. Open Top Container

Kontainer dimana bagian atasnya bisa dibuka dan digunakan untuk barang yang memiliki ketinggian lebih tinggi dari dry container.

7. Flat Rack Container

Kontainer dimana bagian samping kiri dan kanan bisa dibuka dan digunakan untuk barang yang memiliki lebih melebihi standar lebar dry container.

8. Certificate of Analysist

Sertifikat yang ditertibkan oleh badan Sucofindo, Geoservices, atau badan sejenisnya kepada eksportir. Tujuan dari sertifikat ini adalah sebagai analisis barang baik mulai dari spesifikasi barang hingga pembuktian kinerja barang yang akan dikirim.

9. Space

Tempat yang tersedia didalam kapal/pesawat.

Baca Juga: Istilah Ekspor Impor yang perlu kalian pahami PART 1

10. Booking

Istilah yang digunakan untuk pemesanan tempat(space) pada kapal/pesawat.

11. Shipping Instruction

Surat perintah atau pengajuan dari shipper yang ditujukan ke shipping agent agar segera diproses mulai dari muat barang di kapal hingga kapal berangkat.

12. Freight Prepaid

Sebuah sistem pembayaran dimana biaya pengiriman telah harus sudah dibayarkan dipelabuhan muat.

13. TT Payment

Pembayaran yang dilakukan menggunakan cara telegraphic transfer atau bank transfer.

14. Freight collect

Sebuah sistem pemabayaran yang biaya pengiriman dibayarkan dipelabuhan bongkar.

15. POL

Singkatan dari Port of Loading, atau Pelabuhan Muat

16. POD

Singkatan dari Port of Discharge, atau Pelabuhan Bongkar

17. CFS

Singkatan dari Container Free Station, lapangan atau sebuah tempat yang digunakan untuk penumpukan barang untuk pengiriman LCL bukan FCL.

18. CY

Singkatan dari Container Yard, penumpukan container di dermaga/ pelabuhan.

19. TEU

Singkatan dari Twenty feet Equivalent Unit.

20. Incoterms

Singkatan dari International International Commercial terms. Ketentuan atau terma dagang yang diberlakukan oleh depertemen perdagangan internasional.

21. Seal

Istilah untuk segel dari kontainer.

Baca Juga: Istilah Ekspor Impor yang perlu kalian pahami PART 2

22. Place of Delivery

Tempat atau tujuan akhir dari pengiriman barang.

23. Place of Receipt

Tempat penerimaan barang.

24. Measurement / Cubication / CBM

Ukuran suatu kubikasi suatu barang export. Cara untuk menghitung kubikasi adalah dengan panjang x lebar x tinggi dibagi 1.000.000.

25. Tramper

Pola pengangkutan laut yang tidak memiliki jalur dan jadwal yang jelas.

26. Detention

Batas pemakaian kontainer diluar pelabuhan dari gudang kontainer maskapai pelayaran hingga ke pintu keluar pelabuhan atau dari pintu keluar pelabuhan hingga ke gudang kontainer maskapai pelayaran

27. Free Time Demurrage dan Detention

Merupakan kebijakan dari maskapai pelayaran yang diberikan kepada customer untuk pengunaan kontainer, mereka memberikan batasan waktu kepada customernya karena kontainer tersebut akan digunakan kembali untuk bisnis maskapai pelayaran. Bila melebihi batasan tersebut akan dikenakan biaya sewa yang dikenal sebagai demurrage dan detention.

28. Storage

Biaya penumpukan kontainer di tempat penimbunan sementara yang biasa disebut TPS dan biaya tersebut diberlakukan oleh pemilik atau pengelolah lahan kepada pengguna kontainer seperti pelabuhan, gudang berikat dan lainnya.

29. Warranty / Container Deposit

Uang yang dijadikan jaminan dalam peminjaman kontainer dan akan dikembalikan ketika kontainer kembali dalam keadaan tidak rusak dan tidak melebih waktu. Jika terjadi ada kerusakan atau melebihi waktu akan dilakukan pemotongan atau kalau uang jaminan kurang akan diminta kekurangannya.

30. Quarantine letter

Surat karantina yang digunakan untuk karatina hewan, tumbuhan, dan hal lainnya.

Di AsiaCommerce kami menawarkan program membership bagi kalian yang ingin mencoba melakukan impor. Program membership kami terdiri dari 4 yaitu: LITE, BASIC, PREMIUM, dan GOLD (kalian bisa melihatnya langsung disini). Setiap paket membership telah kami sesuaikan berdasarkan kebutuhan akan impor baik mulai dari pemula dalam berbisnis hingga bisnis besar.

Jika kalian ingin bertanya seputar AsiaCommerce, kalian bisa langsung berbincang dengan customer service di website kami atau WhatsApp kami di nomor +62 815-1503-3803 dengan Azhar atau +62 819-899-389 dengan Holi.