Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Facebook adalah platform media sosial yang sangat populer. Sama dengan rekan-rekannya seperti Twitter, Instagram dan lainnya, setiap tahun Facebook pun selalu berkembang dan berinovasi. Beragam update hadir dengan fitur yang semakin lengkap untuk memuaskan para user Facebook. Media sosial yang satu ini pun punya banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis. Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, untuk memanfaatkan Facebook secara optimal sebagai alat promosi bisnis Anda.

Langkah untuk Gunakan Facebook Targeting Sebagai Alat Promosi Bisnis Anda

 

1. Cari Tahu Siapa Kompetitor Terbesar Anda di Facebook

Dari ribuan page bisnis yang ada di Facebook, pastilah ada yang jenis usahanya sangat mirip dengan milik Anda. Nah, langkah pertama adalah Anda bisa mencari 5 page yang sekiranya menjadi saingan terberat Anda di Facebook. Anda pun bisa belajar posting, seperti apa yang banyak like-nya, bagaimana frekuensi postingnya, jam berapa biasanya postingan ini rutin dibuat.

 

2. Melakukan Riset dan Menentukan Target Pelanggan

Anda sangat perlu menentukan target pelanggan yang jadi sasaran Anda. Karena jika tidak terfokus, dan asal bidik customer, justru hasilnya akan tidak maksimal. Karenanya, sangat penting mempelajari banyak page bisnis lebih dulu, agar saat membuat milik Anda sendiri, Anda bisa menjangkau pelanggan secara optimal.

 

3. Bikin Page Anda Semenarik dan Seunik Mungkin

Sama seperti mendirikan toko, membuat page di Facebook juga demikian. Semua adalah tentang bagaimana Anda mengelolanya. Banyaknya pengunjung tergantung pada page Anda, apakah itu menarik atau tidak. Jangan lupa perhatikan juga kategori apa yang paling cocok untuk bisnis Anda. Dan, jangan lupa selalu promosikan brand Anda.

 

4. Mempelajari Cara Jitu Membuat Postingan Yang Menjual di Facebook

Tahukah Anda bahwa membuat post yang terlalu banyak, apalagi dalam sehari, justru tidak baik? Ya, ini tidak efektif karena akan memberi kesan Anda membuat spam. Akan lebih baik membuat post secara berkala 3-5 kali saja sehari, dan utamakan kualitas post Anda.

 

5. Mengandalkan Website Untuk Optimasi

Untuk mengoptimalkan Facebook marketing, tentu Anda wajib memiliki website pribadi. Website bisa menjadi identitas bisnis Anda, sekaligus sarana komunikasi dengan pelanggan Anda. Tanpa website, kepercayaan customer pun bisa menurun karena untuk bisnis Anda hanya ada media sosial saja.

 

6. Turut Serta Dalam Grup Favorit Sesuai Bidang Usaha Anda

Mungkin Anda sudah membuat post di Facebook selama 3-5 hari, namun masih sedikit orang yang membacanya, dan bahkan minim like dan share. Justru Anda tidak boleh menyerah dan coba lakukan cara lain yang sekiranya bisa memboost post Anda. Anda bisa masuk ke grup dan memposting di sana untuk menarik minat orang-orang yang memiliki minat dan ketertarikan dengan usaha Anda.

 

7. Hati-Hati Dalam Menggunakan Optimasi Untuk Search Engine

Search Engine Optimisation memang penting. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati dan tidak terlalu menitikberatkan pada SEO ini. Artinya, buatlah konten yang menarik dan gunakan juga sistem SEO, namun Anda juga perlu lebih hati-hati agar konten yang dibuat tidak terkesan memaksakan. Jadi, tetap utamakan kemudahan serta kenyamanan untuk user. Dan jangan lupa, tujuan utama Anda adalah memberikan informasi yang “menjual” kepada customer.

 

8. Memanfaatkan Facebook Ads Untuk Support

Facebook ads bisa menjadi salah satu tool yang sangat membantu promosi bisnis online Anda. Namun ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan lebih dulu untuk membuat Facebook ads. Khususnya jika Anda terbatas soal budget, Anda bisa mengutamakan news feed saja. Dan sebaiknya jangan melulu berjualan karena bisa membuat orang cepat bosan, Anda bisa membeberkan manfaat seperti apa yang akan didapatkan pelanggan Anda.

 

9. Dahulukan Soft Sell, Atur Ulang Untuk Hard Sell

Seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya, strategi hard sell hampir pasti berujung pada kegagalan usaha Anda. Ini karena, pada dasarnya memang user menggunakan sosmed ini bukan untuk membeli barang. Jika Anda ingin menjual produk atau jasa Anda, akan sangat lebih baik melakukan promo menggunakan metode soft sell.

 

10. Pentingnya Analisis Performa Page Milik Anda

Tentu tujuan Anda mempromosikan jualan di Facebook adalah untuk mengenalkan produk dan jasa usaha Anda. Anda pun memang diharuskan membuat banyak post, agar semakin banyak like, share dan komentar yang datang, baik dari user yang sekedar berkunjung maupun para pembeli. Karena itulah, Anda perlu melakukan analisis untuk mengetahui seperti apa performa page Anda. Sehingga, Anda bisa melakukan evaluasi untuk membuat page Anda jadi semakin menarik dan menjual.

Mau belajar lebih banyak lagi tentang dunia ecommerce? >Klik Disini<