Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Banyak perusahaan kecil dan menengah ingin mengembangkan bisnis dengan cara ekspor barang ke pasar yang lebih besar. Tetapi jarang ada pengusaha yang terpikir untuk mencoba ekspor agar bisa memperluas jangkauan pasar mereka. Mengapa peluang ekspor sering tidak terpikirkan dan dilewatkan oleh para pembisnis? Mungkin saja karena tidak banyak pengusaha yang tahu cara ekspor barang. Prosedur, dokumen, dan ijin yang harus dipenuhi membuat banyak orang berpikir bahwa ekspor merupakan prosedur yang sulit. Sebenarnya prosedur untuk melakukan ekspor lebih mudah dibandingkan dengan impor karena untuk mengimpor lebih banyak aturan-aturan untuk dipenuhi terutama masalah pembayaran pajak.

Untuk masalah pajak pun ekspor dan impor memiliki peraturan yang berbeda. Waktu kita ingin mengimpor barang, hampir semua barang hampir terkena pajak import. Sedangkan ketika kita mengekspor produk ke luar indonesia tidak semua produk dikenakan pajak ekspor dan bea cukai. Hanya sebagian produk saja yang dikenakan pajak ekspor dan bea cukai. Produk tersebut antara lain seperti kayu, rotan, dan minyak nabati. Untuk pakaian, ikan, jagung, pisang, makanan, dan barang-barang elektronik saat ini tidak terkena pajak dan bea keluar. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Impor Barang Tanpa Ribet?

Export Illustration
Apa saja yang perlu disiapkan?

Sebelum mengekspor produk ke luar negeri, anda perlu menyiapkan barang untuk dilakukan packing dan stuffing ke dalam kontainer. Ketika barang sudah siap anda perlu menunggu jadwal kapal dan mengajukan PEB ke kantor Bea Cukai. Setelah mendapatkan persetujuan untuk melakukan ekspor maka anda sudah bisa membawa barang ke pelabuhan agar dinaikkan untuk dibawa ke negara tujuan. Tetapi setiap barang yang diekspor masih memiliki aturan-aturan tersendiri yang harus dipenuhi oleh para eksportir seperti ijin dari BULOG, HC, dan lainnya. 

Lalu bagaimana caranya untuk mengembangkan Bisnis dengan Ekspor? Mengekspor produk keluar Indonesia hampir sama dengan menjual produk diluar tempat bisnis anda berdiri. Hanya saja untuk melakukan ekspor memerlukan beberapa dokumen, ijin, dan proses yang harus dilalui.

Baca Juga: Ini Dia Langkah Mudah Bisnis Import China Ala Asiacommerce

Untuk memulai langkah pertama ekspor pada bisnis anda, bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah-langkah berikut:
  1. Cobalah untuk mencari tahu apakah produk yang anda akan ekspor termasuk barang yang dilarang untuk diekspor oleh pemerintah Indonesia atau tidak. Anda bisa mengakses insw untuk mengetahui barang-barang yang bisa diekspor dan impor serta pajak-pajaknya. Jangan lupa pastikan barang yang anda ekspor diperbolehkan untuk masuk ke negara dimana produk akan di impor dari Indonesia. Untuk mengetahui apakah barang termasuk dalam larangan impor atau tidak.
  2. Carilah pembeli produk anda dari luar negeri. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara seperti membuat marketing team, membuat website untuk memperkenalkan perusahaan dan katalog produk anda. Bisa juga dengan memasukkan barang anda di e-commerce internasional atau yang biasa digunakan di negara tujuan anda. Kalau di Indonesia seperti tokopedia, lazada.id, blibli, dll.
  3. Setelah anda mendapatkan pembelian atau order dari buyer anda, persiapkan barang dan dokumen-dokumen. Kemudian anda harus melakukan pemberitahuan kepada Bea Cukai dengan membawa dokumen PEB dan dokumen pelengkap lainnya.
  4. Setelah disetujui oleh pihak Bea Cukai, anda akan mendapatkan NPE dimana barang anda telah disetujui menjadi barang ekspor. Dari sini anda sudah bisa melakukan stuffing barang untuk dibawa ke negara tujuan.
  5. Jangan lupa untuk mengasuransikan jika perjanjian anda dengan buyer anda merupakan CIF.

Jika kalian menghalami kesulitan dalam ekspor, kami AsiaCommerce memiliki jasa untuk membantu menguruskan ekspor anda. Kami juga bisa membantu anda untuk memasarkan dan menjualkan produk anda baik produk retail maupun yang harus dijual dalam jumlah sangat besar. Kami membuka peluang bagi anda para pembisnis lokal Indonesia untuk bekerja sama dengan AsiaCommerce menjelaja pasar global dunia. Selain membantu anda untuk ekspor, kami bisa membantu anda untuk impor, pengiriman antar negara, mencari produk dari luar negeri, dan menangani masalah distribusi perusahaan anda di wilayah asia tenggara.

Program Membership dan Kontak Kami

Di AsiaCommerce kami juga memiliki program membership untuk kalian yang ingin mencoba bisnis ekspor impor hingga kalian yang telah terbiasa dengan ekspor impor. Program membership kami telah kami sesuaikan berdasarkan skala bisnis yang ada di Indonesia, sehingga kalian pasti akan mendapatkan banyak benefit yang menarik dengan biaya yang kompetitif.

Untuk bertanya seputar layanan AsiaCommerce, kalian bisa mengakses kami melalui live chat di website AsiaCommerce. Untuk pertanyaan lebih mendetail atau di waktu yang fleksibel anda juga menghuhungi kami melalui WA kami di bagian kiri bawah website kami. Kalian juga bisa membaca artikel-artikel kami lainnya mengenai cara mengembangkan bisnis, ekspor impor, dropship, peluang bisnis, cara marketing untuk usaha anda.