Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!

Penasaran dengan Manfaat ekspor impor? Seperti yang kita semua ketahui, ekspor adalah kegiatan dimana kita menjual barang ke luar negeri. Impor adalah kegiatan dimana kita membeli barang dari luar negeri. Manfaat ekspor impor ini sangat penting terutama bagi perkembangan ekonomi sebuah negara. Mengapa demikian? karena tidak semua negara memiliki sumber daya alam dan manusia yang sama. Oleh karena itu, ekspor dan impor memiliki peranan yang banyak sekali untuk sebuah negara. Saling bertukar informasi, barang dan tenaga untuk melengkapi kebutuhan untuk berkembang . Mari sekarang kita lihat bersama-sama apa saja manfaat dari ekspor impor.

1.         Membantu perkembangan sebuah pasar produk

Dengan adanya ekspor dan impor, kita bisa mendorong industri di seluruh dunia untuk membuat sebuah produk yang lebih inovatif. Karena dengan munculnya persaingan yang lebih kompetitif sehingga bisa membuat produk yang lebih baru dan efisien. Terkadang inovasi tersebut membuat segmen konsumen baru. (contohnya adalah Netflix, sebuah layanan penyedia streaming digital dimana kita harus mensubscribe untuk dapat mengakses ke ratusan hingga ribuan film)

2.         Meningkatkan keuntungan

Dengan menjual barang ke luar negeri ada potensi untuk kita mendapatkan profit yang lebih besar. Karenea sebuah kondisi ekonomi antar 2 negara pasti memiliki perbedaan membuat nilai mata uangnya berbeda. (contohnya: di Indonesia biaya yang diperlukan untuk sekali makan kurang lebih membutuhkan 10 ribu hingga 20rb. Sedangkan di Singapura kita harus mengeluarkan uang sebanyak 70 ribu hingga 100rb untuk sekali makan). Disinilah kita bisa melihat perbedaan nilai mata uang dan dampaknya terhadap negara lain. Tetapi hal ini bisa memberikan kita keuntungan dengan menjual produk lebih mahal dari harga semulanya dan tetap terjangkau bagi pembelinya.

3.         Memperbesar skala produksi

Melalui ekspor dan impor kita selain meningkatkan penjualan di pasar yang lebih besar. Kita juga bisa meningkatkan skala produksi dengan menambah supply material. Dengan demikian kita bisa memperbesar skala produksi kita dan meminimalisir biaya produksi.

4.         Memperluas jangkauan pasar

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya. Dengan menjaga kerja sama dengan negara lain kita bisa memasuki pasar yang lebih luas. Semakin banyak daerah yang bisa kita ekspor artinya potensi untuk memperoleh keuntungan meningkat. Karena kita bisa menjual produk lebih banyak dan bermacam-macam.

Baca Juga: Cara Cari Barang China dengan Mudah Untuk Awal Bisnis Anda

5.         Menghindari persaingan pada persaingan lokal

Jika kita terus bersaing pada pasar yang sama kita tidak akan mengalami perubahan. Kita perlu sadar bahwa jumlah penduduk di suatu negara akan terus meningkat seiringnya waktu. Artinya seiring waktu berlalu kompetitor kita akan terus bertambah di pasar yang sama. Persaingan tabg sudah terlalu lama takan membawa kita ke pasar yang tidak sehat. Biasanya persaingan yang tidak sehat akan memicu peperangan harga yang akhirnya menurunkan profit yang kita dapatkan.

6.         Menjalin hubungan kerja sama antar negara

Dengan adanya ekspor dan impor, kita akan akan bisa berinteraksi dan memberikan dampak untuk negara lain. Dengan menjaga hubungan kerja sama memungkinkan kedua negara untuk membuat sebuah program. Dimana program tersebut akan menguntungkan untuk kedua pihak seperti pertukaran ilmu, budaya, dan peluang bisnis tentu saja.

7.         Mengatasi kekurangan pada kebutuhan suatu negara

Dengan bantuan ekspor dan impor kita bisa mendapatkan sesuatu untuk menutupi kekurangan yang dibutuhkan oleh negara kita untuk berkembang. Contohnya negara kita tidak memiliki sumber daya alam yang mencukupi untuk kebutuhan semua sumber daya manusianya. Kekurangan tersebut bisa kita tutupi dengan mengimpor produk sumber daya alam.

8.         Mendatangkan sesuatu yang baru

Dengan keunikan yang ada pada setiap negara (budaya, sumber daya, dll) tidak jarang produk yang dihasilkan pun berbeda-beda juga. Di Cina hampir semua produk yang mendukung kebutuhan hari-hari diproduksi bahkan yang terkadang tidak kita pikirkan. Dengan mengimpor produk tersebut kita bisa menjual di negara kita dan tentu saja mendapatkan profit karena tidak diproduksi di Indonesia.

9.         Mencegah monopoli suatu produk tertentu

Dengan adanya ekspor dan impor, kita bisa mengurangi resiko monopoli karena minimnya sumber daya atau pasar. Kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui import kita juga bisa mendatangkan produk yang kualitasnya bervarian untuk segmen yang berbeda-beda untuk mencegah monopoli.

Tertarik untuk melakukan ekspor dan import?

Di AsiaCommerce kami menawarkan program membership bagi kalian yang ingin mencoba melakukan impor. Program membership kami terdiri dari 4 yaitu: LITE, BASIC, PREMIUM, dan GOLD (kalian bisa melihatnya langsung disini). Setiap paket membership telah kami sesuaikan berdasarkan kebutuhan akan impor baik mulai dari pemula dalam berbisnis hingga bisnis besar.

Jika kalian ingin bertanya seputar AsiaCommerce, kalian bisa langsung berbincang dengan customer service di website kami atau WhatsApp kami di nomor +62 815-1503-3803 dengan Azhar atau +62 819-899-389 dengan Holi.