Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Keunggulan barang lokal di pasar internasional – Photo Credit: Smartbisnis

Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya dan skill yang bisa dikatakan sudah mumpuni standar secara internasional. Banyak sekali potensi barang lokal kita yang memiliki value atau nilai yang sangat tinggi secara internasional. Bisa dimulai dari kelebihan dalam bidang komoditas dan kerajinan tangan sebagai contohnya. Dengan mulai berani mengembangkan ke market ekspor, keberagaman dan perbedaan budaya kita yang sangat kaya bisa dibawa ke dunia luar.

Salah satu kelebihan mengekspor yaitu untuk memperluas jangkauan market bisnis Anda. Mungkin kalian termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sedang memproduksi barang kerajinan atau lainnya, dimana market yang kalian tuju adalah market lokal yang kurang membutuhkan. Belum lagi persaingan antar bisnis yang sama di Indonesia. Perlu diketahui, bahwa market internasional sebenarnya sangat tertarik kepada banyak produk Indonesia, lho! Coba bayangkan kalau ternyata bisnis Anda diminati oleh pasar internasional, namun selama ini Anda tidak pernah mencoba memperbesar market karena takut atau tidak tahu bagaimana caranya?

Pemerintah Indonesia juga sudah sangat mendukung para UKM untuk berani mengekspor barangnya, dengan cara pembebasan pajak dalam beberapa kategori dan lainnya. Bukankah itu adalah sebuah kesempatan besar bagi kita untuk memasuki dunia ekspor? Mungkin pertanyaan pentingnya adalah bagaimana cara mencari market untuk ekspor tersebut? Kali ini AsiaCommerce akan memberikan 5 tips untuk bisa mencari market ekspor secara mudah, yaitu:

1. Exhibition / Expo

Exhibition atau Expo adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk mencari market ekspor. Dengan membuka booth atau menjadi visitor, kita akan berkesempatan untuk mendapatkan traffic yang sangat spesifik dan serius. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa Expo yang sangat terkenal dengan skala internasional, dimana mereka sudah membantu banyak UKM untuk mengekspor barang mereka. Beberapa contoh exponya adalah Trade Expo Indonesia (TEI), INACRAFT, SIAL Interfood, dan masih banyak lainnya. Biasanya, di dalam expo bertaraf internasional juga pasti memiliki event namanya ‘Business Matching’ dimana kita sebagai penjual bisa langsung menawarkan/pitching kepada buyer dari luar negeri sesuai kebutuhannya secara langsung, dengan demikian permintaan mereka pun tidak main-main banyaknya.

2. Website Berbayar

Cara cari market ekspor kedua yaitu dengan website berbayar. Apa yang dimaksud dengan website berbayar? Jadi, artinya adalah melakukan subscribe ke website yang sudah memiliki data dan demand dari pembeli mereka. Biasanya, saat kita menjelajahi di internet untuk mencari importir luar negeri, kita akan dimasukan ke sebuah website yang memiliki seluruh data pembeli dan update permintaan barang terbarunya, namun terkadang saat kita ingin klik informasi pembeli, kita justru akan diarahkan untuk menjadi member website tersebut dan ada dana yang harus dikeluarkan. Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa hampir seluruh website yang berpotensi harus membutuhkan dana untuk memulainya. Jika website pilihan Anda tepat, maka akan ada banyak leads yang bisa didapatkan dikarenakan informasi pembeli sudah ada di tangan Anda.

3. Sosial Media

Banyak yang bingung apakah melalui sosial media bisa mendapatkan market ekspor? Jawabannya adalah sangat bisa! Beberapa platform sosial media seperti Facebook dan Instagram sangat berpotensi untuk menarik perhatian market internasional loh! Saat kita memberi branding, katalog, serta tujuan pricing yang jelas untuk ekspor di sosial media, maka hal itu juga akan secara spesifik menarik perhatian importir luar. Seperti yang kita ketahui bahwa pembeli dalam jumlah banyak pasti ingin tau kondisi setiap barang, variasi, dan profesionalisme dari bisnis kita. Dengan begitu sosial media kita akan lebih meyakinkan mereka. Tidak itu saja loh! Di Facebook kita juga bisa bergabung dengan komunitas importir internasional juga, sehingga akan mempermudah masuk ke market mereka.

4. Melalui Menteri Perdagangan

Nah, untuk cara yang satu ini memang bisa dibilang lebih spesial dan kebanyakan dilakukan oleh yang sudah punya pengalaman. Namun, hal bagusnya Anda sudah mendapat informasi ini dari sekarang sehingga akan memudahkan untuk berikutnya. Kalian bisa loh melakukan email formal ke menteri perdagangan di negara yang ingin Anda tuju. Tujuan email tersebut adalah untuk menanyakan apa ada perusahaan yang sedang membutuhkan barang kita. Jika memang ada, maka kita akan segera dihubungkan secara langsung. Bagaimana cara memiliki koneksi ke menteri di luar negeri? Pertama, kita bisa bertemu melalui expo internasional lalu berkenalan dan kedua, kita bisa mencoba mencari alamat email di google.

5. Kolaborasi

Ada sebuah strategi cerdas dalam mencari market ekspor loh! Salah satunya dengan cara berkolaborasi dengan beberapa perusahaan yang sudah mengekspor dengan joint venture atau sebagainya sesuai kesepakatan. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah melakukan kolaborasi dengan perusahaan logistik, nih! Gimana sih maksudnya??

Seperti yang kita ketahui, perusahaan logistik memiliki banyak data dan koneksi terkait market antar negara. Koneksi dengan banyak market tersebut lah yang sangat dibutuhkan dan memudahkan kita sebagai eksportir baru. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan jasa dan koneksinya dengan mudah untuk mendapat market Anda. Namun, tetap harus diingat bahwa memilih partner dalam bisnis dalam hal ekspor impor harus tetap berhati-hati ya! Banyak juga loh perusahaan yang kurang baik dan berniat buruk. Tapi, tidak perlu khawatir karena AsiaCommerce sendiri melihat potensi ini dan menawarkan kolaborasi dengan bisnis Anda para UKM untuk memperbesar market kalian ke internasional, lho!

AsiaCommerce sendiri merupakan perusahaan penyelesaian masalah ekspor dan impor. Selama ini, kami lebih berfokus kepada impor dan telah banyak membantu masyarakat Indonesia serta para UKM untuk impor dari luar negeri. Banyak brand lokal dari Indonesia yang terbangun dan telah sukses mengimpor bersama kami. Kali ini, AsiaCommerce ingin memprioritaskan membantu para UKM agar dapat memperkenalkan barang lokal Indonesia kepada market luar di berbagai negara degan koneksi yang kami miliki. Keuntungannya adalah di awal percobaan pembesaran market ini, akan ada banyak fitur-fitur yang digratiskan bagi Anda pemilik bisnis yang ingin bergabung untuk ekspor bersama AsiaCommerce. Bagi anda yang tertarik, langsung aja klik disini!