Siapa sangka bahwa pandemi Covid-19 mampu merumahkan jutaan pekerja di Indonesia ? Hingga saat ini, angka PHK terus bertambah. Perusahaan – perusahaan  di sektor industri tertentu yang kehilangan pendapatan terpaksa menggulung tikar. Akibatnya, para pekerja terpaksa diberhentikan alias menjadi pengangguran. Terlepas dari itu, para pekerja yang masih memiliki status pun diharuskan untuk bekerja dari rumah. Merujuk pada fenomena ini, tentu sudah tidak heran lagi bagi kita mengatakan bahwa “Keadaan Jadi Serba Sulit Karena Virus Corona”. 

Kondisi kehidupan akibat pandemi menjadi krisis bagi masyarakat baik secara ekonomi maupun sosial. Aspek ekonomi menuntut kita untuk tetap bekerja agar bisa bertahan hidup dalam situasi apapun. Salah satu pilihan yang memungkinkan adalah diam di rumah sambil berbisnis meraup cuan atau untung.. Tapi, bagaimana bisa berbisnis kalau hanya dari rumah saja ? Kekhawatiran akan tidak adanya pendapatan untuk membiayai hidup saat situasi seperti ini dapat kita tuntaskan dengan menjadi “Dropshipper”. 

Apa itu Dropshipper

Dropshipper merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut seseorang yang melakukan bisnis penjualan suatu barang namun tidak menyimpan barang sehingga tidak menyalurkan produk kepada pembeli melainkan dikirim oleh pihak produsen. Dropshipper adalah seseorang yang melakukan dropship sebagai teknik berbisnis online dengan cara menjadi pihak perantara antara pembeli dan supplier atau pihak produsen. Sebagai ladang berbisnis yang strategis, wadah media online mendukung teknik dropship masuk ke pasar internasional. 

Source : chinabrands.com

Seorang dropshipper tidak membutuhkan begitu banyak modal serta tidak perlu mempertimbangkan resiko. Menarik bukan ? Khususnya bagi anda yang ingin memulai usaha atau pekerjaan baru, dropshipper dapat dijadikan pilihan untuk dipertimbangkan. Kali ini, kita akan membagikan jurus jitu bagi anda yang akan menjadi dropshipper. Dikutip dari forbes.com, ada empat siasat untuk menjadi dropshipper yang sukses. 

  1. Menentukan Produk Jual yang Sesuai 

Siasat pertama, sebelum memulai proses berbisnis sebagai seorang dropshipper anda harus memilih produk yang akan dijual. Adapun penentuan produk yang dijual dapat disesuaikan dengan target pemasaran bisnis atau konsumen anda. Sehingga, ketika menjalankannya anda dapat fokus dan mudah dalam memasarkannya. 

Ketika memilih produk jual untuk situs dropshipping anda, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain : 

  • Profitabilitas, anda sebaiknya memilih produk yang menghasilkan untung. Sehingga, harga jual dari supplier harus dipertimbangkan dan dipilah baik – baik. 
  • Biaya Pengiriman yang Rendah, ketika berhubungan dengan transaksi lintas batas atau cross border maka faktor biaya pengiriman yang rendah dapat lebih mendorong keputusan pembeli. 
  • Daya Tahan, faktor yang juga perlu dipertimbangkan adalah ketahanan produk. Anda tidak dapat memilih produk yang sedang tren saja namun produk itu harus dapat membuat konsumen bertahan lama menggunakannya.  
  • Ketersediaan Lokal, yang terakhir anda perlu memastikan bahwa produk anda tersedia secara lokal. Anda tidak dapat menjual produk dengan hanya mengincar keuntungan saja. 
  1. Mendapatkan Partner/ Supplier yang Tepat 

Selanjutnya dalam bisnis dropship, anda perlu menentukan siapa yang akan menjadi supplier atau pihak yang akan menyalurkan barang ke pembeli. Anda harus memastikan bahwa partner anda menyediakan produk yang sesuai dan memiliki kualitas yang baik. Sebelum memilih anda harus melakukan riset terkait reputasi dan kinerja dari supplier. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti lama/ waktu pengemasan, pengiriman, biaya, serta seberapa sering mereka memperbarui kesediaan produk. 

  1. Mengoptimalkan Situs E-Commerce 

Siasat ketiga menjadi dropshipper yang sukses adalah anda perlu mengelola situs website penjualan anda. Anda harus mengoptimalkan situs web e-commerce untuk meningkatkan traffic serta penjualan. Misalnya seperti mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) pada konten yang menarik di website bisnis agar mudah dibaca dan dipahami pembaca. Selain itu, penting juga membuat halaman FAQ (Frequently Ask Question) tentang bisnis anda untuk mengurangi rasa kekhawatiran konsumen serta mendorong transaksi pembelian lebih cepat terjadi. 

Biasanya konsumen lebih senang berbelanja produk dengan cepat dan mudah. Anda bisa menerapkan sistem otomatis atau automating workflow, dimana platform anda terintegrasi dengan layanan direct marketing. Misalnya seperti newsletter melalui e-mail otomatis bagi mereka yang berlangganan. Bila diposisikan sebagai konsumen, kita tentunya ingin berbelanja di tempat yang aman, terpercaya dan kredibel. Situs website anda dapat dilengkapi dengan trust badges serta menawarkan berbagai opsi pembayaran. 

  1. Memanjakan Pelanggan dengan Layanan Sepenuh Hati

Siasat terakhir yang dapat anda lakukan adalah menghadirkan pelayanan yang dapat membuat pelanggan anda nyaman dan senang berbelanja produk yang disajikan. Biasanya, calon pembeli ingin menghubungi anda untuk menanyakan terkait beberapa hal. Bagaimana respon yang diberikan oleh penjual dapat menentukan apakah transaksi pembelian akan terjadi atau tidak. Konsumen bisa saja memutuskan untuk tidak membeli produk anda karena respon yang diberikan kurang berkenan baginya. Mulai dari kecepatan merespon, pengiriman hingga kualitas pengemasan dapat berpengaruh pada tingkat kepuasan konsumen. 

Ketika anda menyajikan pelayanan yang memberikan pengalaman menyenangkan atau bisnis anda. Sebagai penjual, kita harus memposisikan calon pembeli maupun pembeli sebagai raja dan kepuasan mereka menjadi prioritas utama bagi pebisnis. 

Itulah kiat-kiat memperoleh pendapatan di masa serba sulit melalui dropshipper. Untuk memulai bisnis dropship, anda tidak perlu khawatir dari mana saja anda bisa mendapatkan supplier produk yang hendak dijual. Konsep dropship pada umumnya tidak terbatas pada cakupan satu wilayah saja, jadi anda bisa mendapatkan produk dari supplier yang berbeda negara. Melalui dropship internasional, anda tidak hanya berkesempatan memperoleh pemasok produk melainkan juga bisa memasarkan produk anda ke luar Indonesia. 

So, apakah anda tertarik untuk memulai bisnis dropship ? Atau justru anda merasa kesulitan dan bingung harus mulai dari mana ? Nah,  jika anda masih bingung bagaimana cara mencari produk yang tepat untuk dropship internasional hingga proses distribusinya, anda tidak perlu ambil pusing dan cukup menyerahkannya kepada kami. Melalui layanan e-commerce fulfillment, masalah yang anda alami mulai dari order, packing hingga pengiriman ke customer dapat teratasi. Caranya anda hanya perlu mengisi form pada link berikut ini dan tim kami akan segera menghubungi anda.